Pencarian Google

Sabtu, 26 Februari 2011

Jembatan Terpanjang di Dunia

Qingdao Haiwan

Nama : Qingdao Haiwan
Lokasi : Qingdao, Shandong, China
Panjang : 42,5 km
Lama pembangunan : 4 tahun






Akhirnya kejayaan Lake Pontchartrain Causeway di Louisiana, Amerika Serikat sebagai jembatan terpanjang di dunia terpecahkan. Adalah Qingdao Haiwan di negara tirai bambu berhasil memecahkan rekor sebagai jembatan terpanjang di dunia dengan panjang 42,5 km, sebelumnya Lake Pontchartrain Causeway memiliki panjang 38.42 km.

Jembatan sepanjang 42,5 kilometer yang memiliki persimpangan tersebut menghubungkan tiga kota di Cina. Jembatan yang dibangun selama 4 tahun itu menghubungkan Kota Qingdao di sebelah timur Provinsi Shandong dengan Distrik Huangdao. Panjang jembatan tersebut sekitar delapan kali lebih panjang dari jembatan Suramadu di Jawa Timur, Indonesia, yang memiliki panjang 5,4 kilometer. Dan juga lebih panjang dari jembatan yang akan menghubungkan jawa – sumatera yang diperkirakan akan memiliki panjang 29 km.

Jembatan Qingdao Haiwan dibangun oleh dua tim berbeda sejak 2006. Hal paling sulit dan penting adalah ketika menggabungkan kedua ujung jembatan menjadi satu. Salah satu teknisi mengatakan, “Contoh dari komputer dan perhitungannya semua sangat bagus. Tapi Anda tidak bisa bersantai sampai kedua sisi menyatu. Kerenggangan beberapa sentimeter saja bisa memicu bencana.”

Jembatan tersebut menurut rencana akan dioperasikan semester I tahun depan. Dengan jembatan tersebut akan menghemat waktu perjalanan antara Qingdao dan Huangdao 20 menit atau jarak 30 km dengan asumsi kecepatan rata -rata 80 km per jam.

Yang akan datang

Jembatan Terpanjang di Dunia saat ini adalah Qingdao Haiwan, China. Bukan tak mungkin akan ada lagi jembatan - jembatan lain yang lebih panjang. Saat ini, sedang dibangun Calon Jembatan Terpanjang di Dunia yakni, The Beijing Shanghai Express Railway 164 km.

Sudut Foto




Sumber : Berandakawasan.wordpress

Tidak ada komentar:

Posting Komentar